Tehnik White Hat SEO

Published by suryamalam on

Tehnik White Hat SEO – Search Engine Optimization (SEO) memiliki peranan yang penting dalam dunia digital marketing. Hal itu terjadi semenjak Google mendapatkan pamornya sebagai mesin pencari terfavorit. Ketika SEO masih dalam tahap awal, konten adalah satu-satunya hal yang diperlukan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan lebih baik di halaman mesin pencari.

Konten masih menjadi salah satu faktor pendorong utama dalam melakukan strategi SEO, tetapi dengan pembaruan algoritma yang konstan dan kebutuhan pengguna yang terus berubah, apa strategi terbaik dalam melakukan SEO? Salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan teknik white hat SEO. Namun, apakah Anda tahu apa itu white hat SEO? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian dari White Hat SEO

White hat SEO adalah bagian dari taktik pengoptimalan mesin pencari yang dirancang untuk meningkatkan posisi situs web di halaman hasil mesin pencarian (SERP). Hasil yang didapat dari mesin telusur ini bukan berasal dari sistem berbayar atau melakukan kecurangan. Cara ini ditempuh secara alami dan otentik, mengikuti aturan dari Google, disebut sebagai hasil penelusuran organik.

Karena iklan berbayar dan link bersponsor ditempatkan di area yang mencolok pada halaman hasil pencarian, porsi hasil pencarian organik yang terlihat menjadi terbatas, sehingga penempatan di peringkat teratas sangat menjadi suatu tujuan besar seorang pemasar. Taktik untuk meningkatkan penempatan situs web dalam hasil pencarian meliputi :

  • • Memastikan bahwa judul dan URL menyertakan kata kunci penting.
  • • Menambahkan kata kunci yang cukup relevan ke teks halaman.
  • • Menambahkan link serta tombol yang akan menarik pembaca lebih dalam ke situs.
  • • Menampilkan link ke akun media sosial serta berinteraksi dengan pengguna di akun tersebut.
  • • Mem-posting konten video.

Manfaat dalam Mengunakan Teknik White Hat SEO

Memiliki situs web untuk melakukan bisnis online tidak bisa dilakukan secara serampangan. Membangun bisnis lalu berusaha mencapai peringkat terbaik di SERP membutuhkan usaha yang lebih, belum lagi biaya yang harus dikeluarkan. Jadi, Anda harus memastikan bahwa setiap langkah yang Anda ambil harus benar dan tepat. Untuk itu Anda perlu untuk melakukan teknik white hat SEO.

Baca Juga  Tips Seo Untuk Website Anda

Meskipun begitu, teknik white hat SEO dapat memakan banyak waktu dan kerja keras yang lebih. Namun, Anda akan mendapatkan jaminan dan keamanan dari tim Google Spam. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan teknik white hat SEO dalam membangun backlink.

1. Bebas dari Penalti

Karena Anda mematuhi algoritma beserta aturan Google dalam membangun dan menjalankan situs web, Anda tidak perlu khawatir akan mendapatkan sanksi. Hal ini menjadi perbedaan besar antara black hat dan white hat SEO. Dengan melakukan white hat SEO, Anda bebas dari kekhawatiran akan mengalami hukuman atau penalti karena Anda tahu bahwa strategi yang dibuat telah mengikuti aturan dan kesepakatan dari algoritma Google.

2. Lebih Murah

White hat SEO tidak memerlukan alat otomatis yang mahal untuk membantu Anda dalam meningkatkan peringkat situs. White hat SEO lebih fokus pada tujuan jangka panjang, sehingga perlu banyak waktu untuk dapat merasakan hasilnya. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang, tetapi Anda harus bekerja lebih keras serta membutuhkan kesabaran yang lebih. Setelah itu, Anda dapat menikmati visibilitas organik dan ROI yang lebih baik.

3. Membangun Hubungan yang Lebih Kuat

Menggunakan white hat SEO berarti Anda harus menerbitkan konten yang berkualitas tinggi, asli, dan memiliki nilai lebih bagi pengunjung situs. Konten yang informatif dan menghibur akan meninggalkan kesan tersendiri pada pengunjung situs dan akan berpikir ulang bahwa mereka akan terus kembali lagi.  Oleh karena itu, Anda bisa membangun hubungan yang lebih personal dengan mereka. Anda dapat mengubah pengunjung situs tersebut menjadi pelanggan, yang berdampak pada peningkatan ROI.

4. Peringkat Situs Web yang Sehat

Mengapa demikian? Karena risiko dalam menggunakan white hat SEO lebih kecil dan hasilnya stabil. Anda dapat melihat bahwa hasilnya mungkin lebih lambat dibanding menggunakan black hat SEO, tetapi Anda juga akan menyadari bahwa hasilnya akan terus meningkat seiring berjalannya waktu, sesuai dengan semboyan: perlahan tapi pasti.

Baca Juga  Layanan Jasa Seo Indonesia

5. Tidak Akan Menodai Reputasi Anda

Keuntungan signifikan lainnya dari penggunaan white hat SEO adalah fakta bahwa hal itu tidak akan merusak brand dan reputasi perusahaan Anda. Baik black hat maupun white hat SEO akan membuat Anda diperhatikan Google. Dengan menggunakan white hat SEO, Anda akan terlihat positif di mata mesin pencari. Google akan memberitahu Anda untuk bisa menghargai dan mengikuti pedoman mesin pencari, dengan demikian, Google akan menganggap situs web Anda cukup dapat dipercaya.

Hambatan dalam Menggunakan Teknik White Hat SEO

Masalah terbesar dari white hat SEO adalah ruang lingkupnya yang terbatas. Tentu saja, alat pengoptimalan mesin pencari dapat melakukan optimasi pada halaman secara komprehensif. Namun, Google melarang pembuatan link yang tidak wajar dalam pedoman Webmaster-nya seperti metode spam atau dengan melakukan pembelian link. Masalah lainnya adalah persaingan. Sulit untuk menyalip situs web lain yang sangat optimal di peringkat hasil pencarian hanya dengan menggunakan teknik white hat secara murni.

Beberapa Tips untuk Melakukan White Hat SEO

1. Konten yang berkualitas ditulis untuk kepentingan pembaca, bukan untuk crawler mesin pencari, adalah elemen paling penting dari penggunaan SEO modern. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan peringkat pada situs atau blog di halaman mesin pencarian. Ingatlah selalu untuk selalu membuat konten yang berkualitas.

2. Wajib menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten. Perhatikan juga penggunaan kata kunci. Gunakan satu kata kunci utama yang diikuti dengan dua atau tiga kata kunci sekunder atau pendukung.

3. Wajib menyertakan judul dan metadata halaman yang berisikan kata kunci.

4. Menggunakan lean code dan bahasa markup yang terstruktur secara semantik, termasuk penggunaan elemen judul yang mengandung kata kunci di halaman situs, sehingga akan membantu mesin telusur untuk menemukan apa yang mereka cari saat melakukan crawling.

Baca Juga  Jasa SEO Jakarta

5. Otoritatif inbound links yang diperoleh secara organik menjadi salah satu elemen penting dalam melakukan strategi SEO. Mencapai otoritatif inbound links membutuhkan waktu dan dedikasi, tetapi akan memberikan dampak yang luar biasa dalam memberikan peringkat di SERP dan meningkatkan trafik situs secara masif.

6. Navigasi situs web yang sederhana biasanya akan meningkatkan posisi situs Anda di peringkat pencarian organik. Ini juga akan membantu pengunjung untuk menemukan apa yang sedang mereka butuhkan, sehingga akan meningkatkan potensi konversi.

7. Waktu pemuatan halaman yang cepat adalah suatu keharusan, seperti navigasi sederhana atau pengoptimalan telepon seluler, situs yang responsif tidak akan membuat pengunjung menjadi frustrasi sehingga situs akan mengalami bounce ratio.

Dari sudut pandang SEO, kecepatan situs adalah salah satu penentu peringkat di mesin pencarian. Situs yang lambat dalam menanggapi permintaan pengunjung karena alasan apa pun (gambar besar, carousel gambar, dan lain-lain) biasanya akan berpotensi menduduki peringkat yang lebih rendah di SERP. Perhatikan juga fungsionalitas dan fitur situs serta pengaruhnya terhadap waktu muat.

Kesimpulan :

membangun bisnis itu ibaratnya seperti sebuah bumerang. Apa pun yang Anda lakukan akan selalu kembali kepada Anda. Jika Anda melakukan hal-hal yang tidak etis, itu akan berdampak buruk bagi Anda. Namun, jika Anda memilih untuk bekerja keras dan mengikuti pedoman yang ada, maka semua kerja keras Anda akan terbayar juga. Ingat, apa yang akan Anda tabur, itulah yang akan Anda tuai.

sumber : wartaekonomi.co.id

Categories: jasa seo