Pengertian Digital marketing

Published by suryamalam on

Pengertian Digital marketing adalah upaya pemasaran produk dengan menggunakan media digital dan jaringan internet. Banyak kelebihan digital marketing dibandingkan upaya pemasaran tradisional. Kelebihan tersebut adalah kemudahan dalam menjangkau target pasar lebih luas, membutuhkan biaya yang lebih kecil dan menggunakan komunikasi dua arah dengan calon konsumen.

Digital marketing penting untuk dilakukan karena beberapa alasan berikut:

  • bisa digunakan semua jenis bisnis
  • meningkatkan pendapatan dengan efektif
  • mampu menjangkau target konsumen spesifik
  • bisa digunakan apapun perangkat yang digunakan
  • dapat membantu membangun brand bisnis Anda

Untuk dapat mencapai hasil penjualan produk yang optimal, pastikan memilih strategi digital marketing yang tepat.

Fungsi pemasaran melalui media digital (digital marketing)

masih belum maksimal jika dibandingkan dengan pertumbuhan jumlah pengguna internet yang drastis. Berdasarkan hasil riset McKinsey, baru sekitar 30% usaha di Indonesia yang menggunakan instrumen digital dalam mengembangkan usahanya (Supriadi, 2016). Melihat hal ini, dapat kita simpulkan bahwa potensi digital marketing di Indonesia masih sangat besar. Fungsi pasar pemasaran juga sebagai berikut:

  • Pemasaran berkenaan dengan upaya memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan
  • Pemasaran digunakan untuk pertukaran, dimana pasar dan pelanggan saling memberikan sesuatu yang bernilai sehingga masing-masing pihak mendapatkan manfaat spesifik.
  • Pemasaran membantu proses menciptakan nilai bagi pelanggan. konsep nilai mengacu pada hubungan antara manfaat dan biaya.
  • Pemasaran membutuhkan keputusan untuk menyangkut 4P (Produk, Price, Promosi, Place )

Dari penelitian terdahulu menurut Chaffey (2013) yang dikutip dari (ES.,Rahmi, & Aditya, 2017) definisi digital marketing adalah sebagai pengguna teknologi untuk membantu aktivitas pemasaran yang bertujuan untuk
meningkatkan pengetahuan konsumen dengan cara menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Digital marketing didefinisikan juga sebagai kegiatan pemasaran yang menggunakan media berbasis internet menurut (ES. et al., 2017).

Baca Juga  Kelemahan Digital Marketing

Sedangkan menurut Sawicky (2016) yang dikutip dari (ES. et al., 2017) digital marketing adalah sebagai eksploitasi terhadap teknologi digital yang digunakan untuk menciptakan suatu saluran untuk mencapai resipien potensial untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pemenuhan kebutuhan konsumen yang lebih efektif. Dengan demikian, setiap perusahaan ataupun usaha pemasara di anggap pentng sebagai salah satu strategi pengembangan penting bagi perusuhaan dan di dalam UMK bisa mengembangkan strategi pemasaran melalui digital marketing.