Pembuatan minyak kelapa indonesia

Adapun pembuatan minyak kelapa indonesia yang melalui 3 tahapan secara tradisional antara lain pembuatan santan kelapa, pembuatan VCO, serta penyaringan. Maka tahapan pembuatan minyak kelapa pertama endapkan santan pada ember transparan selama satu jam hingga terbentuk krim santan (kanil/kepala santan) dan skim santan. Krim santan berada di bagian atas karena mengandung minyak dalam jumlah banyak. Seperti yang kita tahu, bahwa berat jenis minyak lebih ringan dibandingkan berat jenis air. Sementara skim santan berada di bawah karena umumnya terdiri dari air dan protein. Ambil air (bagian bawah) dengan selang hingga tingggal tersisa krim bagian atasnya.

minyak kelapaKedua ambil krim santan dan masak di atas kompor dengan suhu sekitar 100-110° C menggunakan wajan. Panaskan hingga mendidih. Aduk-aduk santan selama proses pemasakan agar panas yang diterima oleh santan bisa merata.Ketiga matikan api kompor bila sudah terbentuk minyak dan blondo. Lama waktu yang dibutuhkan sampai terbentuk minyak berkisar 3-4 jam. Umumnya, minyak tersebut tidak berwarna bening, tetapi sedikit kekuningan. Sementara blondo berwarna kecokelatan. Blondo ini masih bisa dimanfaatkan sebagi bahan pangan, misalnya untuk pembuatan kue. Saring blondo dari minyak menggunakan serok. Upayakan penyaringan berjalan dengan sempurna agar tidak ada lagi sisa blondo yang terdapat di dalam minyak. Itulah proses tahapan minyak kelapa secara tradisional dan alami sekali pembuatannya.

Mesin pembuat minyak kelapa indonesia

Mesin pembuatan minyak kelapa indonesia sangat diperlukan sekali karena untuk membantu minyak kelapa tersebut.dan dalam pembuatan minyak kelapa anda juga akan melakukan pelatihan terhadap mesin minyak kelapa indonesia. Dan dalam pengolahan anda juga harus menggunakan peralatan yang lebih efisien, cepat dan lebih sehat. Oleh karena itu kami menyarankan menggunakan mesin pembuat minyak kelapa merek graha mesin, mesin pembuat minyak kelapa atau mesin VCO ini terdiri dari beberapa mesin untuk melakukan proses produksi.

minyak kelapa indonesiaIndonesia terkenal sekali akan produk olahan dari kelapa yang sangat terkenal sekali. Minyak kelapa mengandung FFA yang harus dikeluarkjan kurang dari 1% bandingkan dengan minyak mentah kopra kanddungan FFA nya bisa mencapai 2 %. Minyak kelapa segar bisa menghasilkan bau jauh lebih soft jika anda bandingkan dengan minyak kopra yang bau sekali sehingga untuk press kopra wajib dilakukan dengan sebuah proses yang bernama DEODORISASI dan untuk prose kelapa segar tidak ahrus pilihan saja. Dan biaya yang dikeluarkan untuk proses pembuatan minyak segar jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan dari bahan kopra.