Fungsi Celana Sirwal

Fungsi Celana Sirwal – mengapa disebutkan memakai celana sirwal ini lebih nyunnah? Sementara ternyata masih ada perbedaan pendapat dikalangan ulama tentang hukum isbal?

Jawabnya adalah karena memakai celana sirwal ini merupakan salah satu jalan keluar dari perselisihan ulama.

Kenapa? Karena tidak ada yang melarang memanjangkan kain sampai hanya sebatas mata kaki. Sementara jika menjulurkan kain / celananya di bawah mata kaki sudah jelas ada kemungkinan pelarangannya, seperti yang disebutkan diatas.

Maka memakai celana cingkrang lebih mendekati sunnah dan lebih aman dari perbuatan yang dilarang yaitu Isbal.

Lalu jika pakai celana cingkrang namun sombong? Jawabnya tidak boleh. Pada perkara ini pelaku terancam dengan dosa sombong dalam memakai celana cingkrang.

Tapi lihat, jika seseorang memakai celana hingga menutupi mata kaki (isbal) dan sombong. Maka disini pelakunya memiliki dua kemungkinan ancaman. Pertama ancaman dosa mengenai larangan Isbal, kedua ancaman larangan sombong. Kenapa bisa memiliki dua kemungkinan? Karena hadits pada masing-masing perkara diatas ada.

Kemudian alasan mengapa memakai celana cingkrang itu lebih mendekati sunnah lainnya yaitu, siapa yang bisa memastikan bahwasannya kita sombong atau tidak?

Apakah kita bisa pastikan di hati tidak ada rasa sombong ketika memakai celana isbal?

Maka jalan amannya adalah dengan mamakai celana sirwal dengan meniatkan memakainya bukan untuk gaya, bukan untuk ajang merasa paling benar, namun karena murni ingin menjalankan apa yang di syariatkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam baik perintah maupun larangan.

Lebih Terjaga Dari Najis

Dengan memakai celana cingkrang, ketika beraktifitas di luar akan lebih aman dan lebih terjaga dari najis yang mungkin menempel di celana.

Ketika melewati tempat kotor, yang mungkin ada najis disana, dikarenakan celana kita cingkrang diatas mata kaki, maka peluang terciprat / terkena najis dan kotorannya lebih kecil.

Berbeda jika kita memakai celana yang isbal bahkan sampai menyapu jalan / terinjak-injak. Hampir di setiap tempat di luar rumah celana yang kita pakai akan berpeluang besar terkena tempelan kotoran bahkan najis di jalanan.

Begitu juga ketika kita buang air. Dengan memakai celana cingkrang akan lebih memudahkan kita menaikkan celana sehingg lebih terjaga dari cipratan najis. Namun jika celana kita terlalu panjang dan hingga terinjak, maka dari waktu masuk ke toiletnya saja mungkin celana yang kita pakai sudah tertempeli najis.

Terlihat Rapi

Mungkin di point ini tidak semua pembaca sepakat. Namun yang kami lihat seorang pria muslim yang mengenakan celana formal diatas mata kaki / pas di mata kaki itu terlihat lebih rapi dibanding pria yang memakai celana sampai terinjak.

Dari segi estetika juga seorang pria yang memakai celana pas di mata kaki atau diatasnya itu terlihat lebih bagus dipandang. Ketimbang seorang pria yang memakai celana melambai ketanah dan sampai terinjak.

Tidak Berlebihan

Diantara keutamaan memakai celana cingkrang bagi kaum pria muslim yaitu tidak berlebihan dalam hal kain.

Artinya, kain yang kita pakai untuk celana yang dipakai itu pas efektif dan efisien dengan kebutuhan kita terhadap celana sebagai penutup aurat.

Ketika kita memakai celanya isbal / panjang sampai bawah mata kaki bahkan terinjak. Maka tentu kita dapati pada celana kita ada bagian yang tidak efektif dan tidak bermanfaat. Sehingga ketika dipakaipun hanya terinjak-injak kotor saja dan tidak ada faidah lainnya.

Maka memakai celana cingkrang / pas di mata kaki ini adalah perbuatan yang pas, efektif dan efisien. Tidak ada bagian dari celana / kain kita yang sia-sia dan hanya terinjak saja. Semua terlihat pas dan tidak berlebihan.

Lebih Bersih

Dikarenakan lebih aman dari terkena najis, maka dengan memakai celana cingkrang diatas mata kaki ini akan lebih bersih bagi kita. Kotoran tidak mudah hinggap di celana yang kita pakai. Sehingga kebersihanpun lebih terjaga.

Ada banyak tempat untuk membeli celana sirwal Tebal dengan harga murah di internet, salah satunya pusatcelanasirwal.com adalah di yang mejual aneka busana muslim syar’i ini terdapat berbagai jenis sirwal antara lain sirwal Army, sirwal tempur dan sirwal biasa.